Perjumpaan kali ini saya akan membahas kenapa saya membuat sebuah lagu sekaligus penciptanya. Pertama awalnya saya berpikir dengan kehidupan yang sepertinya Susah-susah gampang sebagai seorang pengayah, itupun sejak dari enam tahun lamanya saya mengalaminya langsung suka dukanya menjadi seorang pengayah. Kehidupan yang saya jalani memang begitu rumit kalau kita tidak menyadarinya tentang kehidupan yang poin intinya yakni dua hal; baik dan jahat, kana dan kiri, ganteng dan jelek, hitam dan putih, dan lain sebagainya yang disebut dengan Rwa Bhineda. Kalau sedikit memahami tentang itu, maka kehidupan kita sudah pasti lebih tenang atau gampang dan tidak susah – susah lagi menjalani sebuah kehidupan.

Intinya disini adalah kita tidak senang jika ada orang yang memberi sanjungan, dan tidak marah / bersedih jika ada orang yang menghujat, karena kehidupan ini adalah butuh keseimbangan yaitu baik dan buruk itu selalu berdampingan. Nah kalau kita sudah memahami itu, wah sudah pasti nyaman dah kehidupan kita, dan bisa hidup santai nanti kedepannya.

Nah maka dari itu muncullah sebuah inspirasi saya dari enam tahun, yang lirik lagunya seperti berikut:

Ede Ngaden tyang neko – neko, Diastun tyang mbok gading, Tyang jatma anak mule belog, patute ane gelaran tyang.

Ulian penampilan tyang gaul, pelih bedik tyang dados omongan, nanging tyang tuah jatma biasa, enu ngelah rase demen.

Keweh – keweh aluh, Keweh – keweh aluh, keweh – keweh aluh.

Keweh – keweh aluh, Keweh – keweh aluh, keweh – keweh aluh.

Liu anak ngorang kene keto, nanging tyang tusing peduli, digumine idup ajak liu, ade demen ade tusing, ade kene ade keto.

Ade demen ade tusing ngiring sareng mulat sarire,

Ade kene ade keto ngiring sareng – sareng melajah.

videonya di bawah ini.

 

Nah begitulah inspirasi saya selama enam tahun, bahwa kehidupan ini sejatinya susah – susah gampang, kalau kita renungi. Sungguh banyak ada manusia di Alam Semesta ini, semuanya punya pemikiran dan persepsi yang berbeda dan manusialah mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Saya lahir ke dunia ini hanya untuk perbaikan kehidupan saya dimasa lalu ( Karma ), bisa dibilang saya menebus dosa – dosa yang saya perbuat di kehidupan yang dulu. Kalau dikehidupan yang dulu kita berbuat jahat, maka di kehidupan yang kita jalani sekarang ini kita menerimanya, misalnya; kita susah payah berbuat kebaikan yang sejati, tetap saja kita dibilang jahat atau gak benar. pernahkah diantara anda yang mengalaminya?

Sekian dulu perjumpaan kita hari ini, semoga bermanfaar tulisan saya.
Terima kasih,,